AS Ingin Mengalihkan Perhatian Kasus Khashoggi

AS Ingin Mengalihkan Perhatian Kasus Khashoggi
AS Ingin Mengalihkan Perhatian Kasus Khashoggi.  Amerika Serikat (AS) dituding sengaja ingin “membelokkan” perhatian dari pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi di konsulat Saudi di Istanbul dengan menjatuhkan sanksi kepada Iran. Tudingan itu dilontarkan Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif.

Departemen Keuangan AS pada Selasa lalu menargetkan Taliban Afghanistan dengan sanksi terhadap delapan orang yang ditetapkan sebagai teroris global. Dua diantara delapan orang itu terkait dengan Pasukan Quds Iran, cabang pasukan elit Iran Garda Revolusi, yang mengawasi operasi di luar perbatasan Teheran.

“Untuk membelokkan berita utama tentang kebrutalan Saudi di Istanbul dan di seluruh Yaman, Departemen Keuangan AS – sementara di Arab Saudi, tidak kurang – (menjatuhkan) sanksi kepada Iran untuk ‘mendukung’ Taliban anti-Iran,” tulis Zarif di Twitter.

“Mudah mengabaikan bahwa AS sedang bernegosiasi dengan Taliban yang sama sekarang & kliennya telah lama mendukungnya,” tuturnya seperti dikutip dari Reuters, Kamis (25/10/2018).

Jamal Khashoggi, seorang kolumnis Washington Post yang tinggal di AS dan seorang pengkritik Pangeran Mahkota Saudi Mohammed bin Salman, menghilang setelah mengunjungi konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober.

Kepemimpinan Saudi membantah terlibat dalam pembunuhan dan malah menyalahkan rantai komando intelijen.

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan MBS mempunyai tanggung jawab utama untuk operasi yang menyebabkan pembunuhan jurnalis Saudi.

Trump mengatakan dia ingin mempercayai MBS ketika ia mengatakan bahwa para pejabat tingkat rendah harus disalahkan atas pembunuhan 2 Oktober di misi diplomatik Saudi. Namun ia menyatakan tanggung jawab ada pada level yang lebih tinggi

“Baiklah, pangeran menjalankan hal-hal di sana lebih pada tahap ini. Dia menjalankan berbagai hal dan jika ada yang mau, itu pasti dia,” cetus Trump.

Comments

Popular posts from this blog

5 Penyebab Jerawat Yang Sering Muncul di Tempat yang Sama

Pilihan Yang Tepat untuk Menu Makan Malam Semur Daging